PELEPASAN SISWA KELAS IX ANGKATAN 22 SMP ISLAMIC CENTRE

PELEPASAN SISWA KELAS IX
ANGKATAN 22
SMP ISLAMIC CENTRE TANGERANG

Oleh: Hendra Wijaya*

Tangerang, 13 Juni 2021

Sabtu, 12 Juni 2021, pukul 09.00 WIB, Alunan  Hymne Gaudeamus Igitur menggema di aula serbaguna SMP Islamic Centre-Tangerang. Lagu kebagsaan (hymne)  yg identik dengan iringan prosesi wisuda mahasiswa itu, memang menjadi penanda sedang berlangsung prosesi Wisuda dan Pelepasan 147 Siswa Kelas IX Angkatan 22 SMP Islamic Centre-Tangerang. yang disiarkan secara live streaming melalui canal Youtube.

Karena masih dalam kondisi masa pandemic Covid-19, siswa yang dihadirkan hanya perwakilan  dua orang siswa saja dari tiap kelas (satu pria dan satu wanita), siswa yang lain mengikuti prosesi wisuda secara mandiri di rumah masing-masing.  Satu persatu, perwakilan siswa dari tiap kelas yang hadir di panggil ke atas panggung, di kalungkan medali dan piagam kelulusan serta ucapan selamat.

  Pelepasan Siswa Kelas IX

Rangkaian acara  Pelepasan Siswa Kelas IX Angkatan 22 SMP Islamic centre itu berlangsung sejak pukul 08.00-10.00 WIB. Seluruh Panitia, Perwakilan Kelas IX, dan undangan, hadir di tempat yang telah disediakan dengan mematuhi protokol kesehatan masa pandemic covid-19.

Hadir dalam acara tersebut antara lain: Pembina Yayasan, Ketua Yayasan, Pengawas Yayasan Islamic Centre Tangerang, Kepala Sekolah dan Para Wakasek SMP Islamic Centre, Walikelas IX, Perwakilan Wisudawan kelas IX, Perwakilan Walimurid, dan beberapa tamu undangan. Sementara, Pengawas Pembina SMP kota Tangerang, hadir secara virtual saat memberikan sambutan.

Yang menarik, diantara peserta yang umumnya menggunakan setelan Jas (pria) dan setelan kebaya (wanita), ada dua peserta (pria dan wanita) yang menggunakan kostum adat pernikahan pengantin daerah Minangkabau (Sumbar). Keduanya adalah symbol dari dari para siswa kelas IX yang akan  di lepas oeh sekolah. Moment yang terasa sakral, terasa ketika prosesi sungkeman siswa ke guru diiringi pesan-pesan baik dari para guru yang disampaikan dengan nada sedih- mengaduk rasa.

“kalian sudah lulus, setelah melalui berbagai ujian dan tantangan. Ini bukan akhir, lanjutkan ke jenjang selanjutnya, teruslah berjuang meraih mimpi dan cita-citamu. Kami mendoakan selalu untuk kebaikan dan kesuksesan kalian. Selamat jalan, kalian kami lepas….”, pesan Pak Dadi Suryadih, S.Pd, Kepala Sekolah SMP Islamic Centre saat acara sungkeman itu.

Hendra Wijaya, Staff Pengajar SMP Islamic Centre-Tangerang

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *