PERINGATAN ISRA MI’RAJ VIRTUAL

PERINGATAN ISRA MI’RAJ
SECARA VIRTUAL
DI SMP ISLAMIC CENTRE KOTA TANGERANG

Oleh: Hendra Wijaya*

 

                Iscenta, 17 Maret 2021.

                Salahsatu kegiatan keagamaan rutin tahunan yang  digelar  oleh SMP Islamic Centre Kota Tangerang adalah Peringatan Isra Mi’raj.  Karena masih dalam situasi dan kondisi masa Pandemi Covid-19, Peringatan Isra Mi’raj tahun 2021 ini terpaksa dilaksanakan secara Virtual melalui Live Streaming, disiarkan langsung di YouTube untuk diikuti khususnya oleh seluruh Keluarga besar SMP Islamic Centre dimanapun berada pada Rabu, 17 Maret 2021.

Persiapan

Tiga hari Jelang acara, Iklan Virtual ‘Peringatan Isra Mi’raj secara Virtual’ sudah tersebar di berbagai Media Sosial. Sehari jelang pelaksanaan Peringatan Isra Mi’raj, panitia melaksanakan   Rapat Koordinasi Panitia dan Gladi resik. Dalam rapat koordinasi memastikan seluruh rencana apakah sudah siap ? dan  Pembagian tugas secara detail pada saat acara. Selanjutnya, panitia bergerak untuk melaksanakan penataan ruangan untuk acara, pemasangan alat dan support IT untuk Peringatan Isra Mi’raj  secara virtual. Di lain tempat, team marawis dan Qori-yang merupaka siswa SMP Islamic Centre berlatih dengan seksama. Jelang maghrib, seluruh proses gladi resik rampung dilaksanakan.

Peringatan Isra Mi,raj

Sejak pukul 06.00, panitia sudah menghimbau agar wali kelas mengingatkan, menyiapkan siswanya untuk bergabung di Link Youtube, yang akan menyiarkan secara langsung acara Peringatan Isra Mi’raj yang akan dimulai Pukul 08.00. Sementara itu, Ruang kelas yang sudah di sulap ‘cantik’ untuk kegiatan ini sudah dihadiri oleh Team IT, Panitia dan tamu undangan (Ketua Yayasan, OSIS dan Penceramah) dengan mematuhi protocol kesehatan selama pandemic Covid-19.

“Peringatan Isra Mi’raj kali ini mengangkat Tema: ‘Dengan semangat Isra Mi’raj, Kita tingkatkan keimanan dan ketakwaan Kita dengan melaksanakan Sholat Lima Waktu”. Tujuan merayakan hari Isra Mi’raj adalah untuk memperingati perjalanan luar biasa yang dilakukan Nabi Muhammad SAW dari Masjidil Haram menuju Masjid Al-Aqsa, kemudian dinaikkan oleh Allah SWT ke langit ketujuh yaitu Sidratul Muntaha”, Terang Pak Dadi Suryadih, S.Pd, kepala sekolah SMP Islamic Centre dalam sambutannya.

Pesan Isra Mi’raj

K.H.Badrul Khatim, S.Ag, yang didapuk untuk memberikan tausiah pesan Isra Mi’raj  pada acara Peringatan Isra Mi.raj secara Virtual di SMP Islamic Centre kali ini menyampaikan dengan baik beberapa informasi penting terkait Isra Mi’raj.

“….Isra Mi’raj adalah peristiwa ketika Nabi Muhammad SAW melakukan perjalanan pada malam hari, dari Masjid Suci ke Masjid Al-Aqsa, kemudian naik ke Sidratul Muntaha di langit ketujuh dalam satu malam. Rasulullah bertemu Nabi Adam di surga pertama, Nabi Isa di surga kedua, Nabi Yusuf di surga ketiga, Nabi Idris di surga keempat, Nabi Harun di surga kelima, dan Nabi Musa di surga keenam. Selama perjalanan, Nabi Muhammad SAW juga dihadapkan dengan berbagai godaan. Godaan pertama ketika nabi ditawari meminum khamar atau susu. Rasulullah lebih memilih susu. Nabi Muhammad SAW juga selalu diganggu panggilan dari setan, iblis, dan perempuan penggoda. Sidratul Muntaha di langit ketujuh merupakan akhir dari perjalanan Nabi Muhammad SAW menerima perintah Allah SWT. Perintah yang diterima Rasulullah saat itu berupa perintah sholat sebanyak 50 kali dalam satu hari. Namun saat menerimanya, Nabi Muhammad SAW diperingatkan oleh Nabi Musa untuk memperhatikan kemampuan umatnya….” Cerita UBK alias Ustad Badrul Khotim itu.

….”Maka saat itu, Nabi Muhammad SAW meminta keringanan pada Allah sehingga perintah salat menjadi lima waktu dalam sehari. Sejak saat itulah, umat Islam harus melakukan salat wajib lima waktu…”, lanjut Kiyai yang saat ini menjadi Pengasuh PP.Daarul Abror-Lebakwangi-Kab.Tangerang itu dengan gaya ceramahnya yang apik.

“…Karenanya, jika kita sholat saat ini, itu seperti kita sedang  mi’raj , karena pada saat sholat, seorang yang beriman dalam hakikatnya sedang bermunajat, bercengkerama, berbicara, berkomunikasi, berdoa secara langsung kepada Allah. Hal ini amat mirip secara spiritual, secara ruhaniyah, dengan peristiwa mi’raj yang dialami oleh Nabi Muhammad di atas..”, imbuh UBK, yang tak lain juga  sebagai Staff Pengajar di SMP Islamic Centre itu, member motivasu kepad para jamaah yang ada di ruangan dan jamaah Virtualnya itu.

*Hendra Wijaya, Staff Pengajar SMP Islamic Centre Kota Tangerang

4 thoughts on “ISRA MIRAJ”

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *